Pengertian Dan Jenis Investasi Bodong

Pengertian Dan Jenis Investasi Bodong

Bicara mengenai investasi memang menarik. Ditambah sekarang ini rumor berkenaan investasi sedang populer, maknanya beberapa orang yang mulai terbuka investasi dengan keinginan mempunyai kebebasan keuangan di masa datang. Tentu saja tiap orang ingin melakukan investasi secara aman dan memberi return atau imbal hasil yang memberikan keuntungan dan konstan di masa datang. Tetapi, jangan cuman investasi, pasalnya ada pelaku yang tawarkan investasi bodong untuk keuntungannya sendiri. Biasanya investasi bodong memberi bujukan berbentuk return yang besar sekali dan instant. Investasi bodong itu terang bikin rugi investor karena modal khusus beresiko lenyap dan ujungnya buntung. Oleh karenanya, penting untuk kamu untuk ketahui beberapa ciri investasi bodong supaya tidak gampang tertipu.

Nach, lewat artikel ini, akan Qoala uraikan berkenaan beberapa ciri investasi bodong menurut OJK dan langkah menghindar penipuan berlagak investasi. Baca ya!

Apa Itu Investasi Bodong?

Saat sebelum mengulas selanjutnya tentang beberapa ciri investasi bodong, kamu harus ketahui lebih dulu berkenaan apakah itu investasi bodong. Investasi bodong sebagai investasi yang minta beberapa uang ke investor untuk memberikan modal pada usaha atau aktivitas tertentu yang sebetulnya tidak sempat ada. Nanti uang dari investor akan dibawa kabur oleh pelaku itu. Biasanya investasi bodong memberi bujukan bahkan juga desakan supaya calon investor ingin memberikan modal. Investasi bodong manfaatkan kurangnya pengetahuan warga pada investasi dengan janjikan keuntungan besar.

Jenis Investasi Bodong

Menyaksikan imbas dan rugi yang diakibatkan dari investasi bodong, tentu saja ketahui beberapa ciri investasi bodong sebagai langkah terbaik untuk menghindariinya. Awalnya, kamu harus ketahui tipe investasi bodong yang beredar banyak dalam masyarakat. Tipe investasi bodong ini dapat bermutasi jadi wujud atau program apa saja, tetapi macamnya masih sama.

Berikut tipe investasi bodong yang berada di Indonesia.

1. Investasi Online Tidak Berijin

Tipe investasi bodong yang pertama ialah investasi online yang tidak mempunyai ijin OJK atau Kewenangan Jasa Keuangan. Memang sekarang ini investasi lewat cara online banyak dicari, terutama bila menyaksikan keringanannya dalam berbisnis. Investasi online bisa berbentuk saham, reksadana, emas, valuta asing, sampai P2P lending. Tetapi kamu harus waspada, investasi online itu harus dilaksanakan dalam tempat yang sudah memperoleh ijin dari OJK.

Bila tidak mempunyai ijin, karena itu investasi online itu sebagai investasi bodong yang pantas diduga. Investasi online yang tidak berijin umumnya dilaksanakan oleh broker yang tidak bertanggungjawab. Kamu perlu memeriksa investasi online yang hendak kamu coba, sudahkah berijin atau memang belum. Bila belum, jauhi turut serta lebih jauh.

2. Arisan Bodong

Arisan bodong sebagai tipe investasi bodong selanjutnya. Investasi bodong dibungkus berbentuk arisan yang mengikutsertakan beberapa orang dalam sebuah barisan, di mana tiap orang menyerahkan uang dengan jumlah tertentu tiap bulannya. Pada saat yang ditetapkan, arisan akan dikocak selanjutnya ditetapkan siapa yang hendak memperoleh arisan. Tetapi saat sebelum arisan dikocak dan uang dibagi ke juara arisan, pelaku arisan bodong telah bawa kabur uang dari anggota barisan lebih dulu. Berikut yang diberi nama arisan bodong.

Arisan bodong serupa dengan arisan ibu-ibu komplek secara umum, tetapi jumlah arisan besar dan ada bujukan yang memberikan keuntungan. Arisan bodong dapat berbentuk arisan uang, arisan emas, arisan mobil, atau arisan barang yang lain. Arisan semestinya bisa memperkuat bersilahturahmi antara anggota, tetapi arisan bodong malah bikin rugi anggota. Arisan bodong sebagai contoh investasi bodong yang riil dan tersebar dalam masyarakat. Oleh karenanya, diperlukan pengetahuan untuk warga untuk ketahui beberapa ciri investasi yang penting dicurigai supaya tidak terjerat investasi bodong.

3. Koperasi Bodong

Ada pula tipe penipuan investasi berbentuk koperasi bodong. Koperasi bodong sebagai penipuan berlagak koperasi yang sudah dilakukan oleh pelaku dengan arah bawa kabur uang yang diletakkan di koperasi. Aktor koperasi bodong biasanya bukan faksi koperasi yang sebetulnya, dia manfaatkan nama koperasi untuk memancing ketertarikan warga supaya yakin dan ingin simpan uangnya di koperasi. Nanti anggota koperasi akan diberi penawaran atau bujukan yang menarik supaya menambahkan dana di koperasi. Walau sebenarnya ujung dari penawaran itu tidak terang. Berikut yang disebutkan dengan koperasi bodong.